Buka jam 09.00 s/d jam 17.30 , Buka setiap hari
Beranda » Artikel Terbaru » Mengetahui Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

Mengetahui Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

Diposting pada 19 March 2020 oleh mochamad ari

Siapa yang tidak kenal dengan ketumbar. Ketumbar merupakan tumbuhan rempah yang popular di Indonesia. Dalam bahasa inggris ketumbar dikenal dengan nama Coriander dan di Amerika latin dikenal dengan nama Cilantro.

Asal tumbuhan ketumbar berasal dari Eropa bagian selatan dan dari sekitaran Laut Kaspia. Model buahnya kecil. Biasanya dikeringkan terlebih dahulu sebelum diperdagangkan. Bentuk buah ketumbar hampir sama dengan lada. Ketumbar biasanya digunakan sebagai bumbu masakan dengan aroma yang sangat keras.

Mungkin Anda hanya mengetahui bahwa ketumbar biasanya digunakan untuk bumbu masakan saja, akan tetapi apakah Anda tahu bahwa manfaat ketumbar untuk kesehatan sangat banyak sekali.

Butiran ketumbar ternyata mempunyai segudang manfaat. Manfaat ketumbar untuk kesehatan manusia ternyata sudah lama diketahui. Baik itu sebagai obat alami maupun obat herbal yang bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Kandungan Nutrisi Pada Ketumbar

Beberapa penelitian dilakukan untuk mengetahui manfaat ketumbar untuk kesehatan. Penelitian difokuskan untuk mengetahui kandungan nutrisi dan senyawa yang terkandung pada ketumbar. Dimana senyawa dan nutrisi tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan.

  • Ketumbar mengandung vitamin A, B, C, E dan K dalam setiap 10 gr biji ketumbar. Dan kadarnya sangat tinggi. Vitamin K pada ketumbar bisa mencapai 30% dari kebutuhan tubuh. Vitamin K mempunyai peran penting di dalam tubuh manusia. Salah satunya adalah membantu proses cepatnya penyembuhan luka, mencegah terjadinya pendarahan dalam, dan penguatan tulang.
  • Dalam setiap 100 gr ketumbar kering dapat diperoleh setidaknya kadar mineral yang berguna bagi tubuh. Mineral tersebut antara lain kalsium, zat besi, mangan, potasium, fosfor, sodium dan magnesium. Kadarnya memang tidak terlalu tinggi hanya sekitar 3% – 7%. Akan tetapi dengan jumlah yang sedikit itu bisa memberi manfaat yang sangat signifikan dalam menjaga kesehatan dan memenuhi kebutuhan nutrisi.
  • Di dalam biji ketumbar ditemukan ada beberapa senyawa esensial. Senyawa esensial ini bekerja sebagai fitokimia. Beberapa senyawa esensial bekerja sebagai anti oksidan. Senyawa tersebut antara lain limonene, geraniol, carvone, elemol dan epigeninactive.

Kandungan vitamin, senyawa dan mineral yang terkandung pada ketumbar sangatlah lengkap. Sehingga jangan ragukan lagi manfaat ketumbar untuk kesehatan Anda.

Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan

Dengan beberapa kandungan yang telah di jelaskan di atas, maka manfaat ketumbar untuk kesehatan sangat besar. Adapun beberapa manfaat ketumbar untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain sebagai berikut :

1. Anti Reumatik dan Peradangan Pada Sendi

Pada halaman Organicsfast dijelaskan sangat lengkap bahwa di dalam ketumbar ditemukan adanya kandungan anti inflamasi yang bekerja melawan peradangan yang terjadi pada sendi. Itulah mengapa biji ketumbar baik untuk keluhan penyakit reumatik dan asam urat.

2. Mengobati Peradangan Pada Kulit

Adanya kandungan anti inflamasi dan anti biotik alami yang terkandung dalam biji ketumbar efektif untuk terapi peradangan pada kulit. Ketumbar sangat efektif mengatasi luka terbuka, jerawat maupun lebam. Satu lagi keunggulan ketumbar adalah mampu mengatasi keluhan serangan jamur pada kulit Anda. Serangan jamur tersebut antara lain kutu air, jamur kulit dan biang keringat.

Didalam jurnal yang berjudul Anti – inflammatory potential of a lipolotion containing coriander oil in the ultraviolet erythema test yang dimuat di Journal of Germany Society of Dermatology di tahun 2008 ditemukan manfaat ketumbar terhadap radang pada kulit. Termasuk adalah inflamasi yang disebabkan efek paparan sinar matahari.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah

Kandungan senyawa yang bisa Anda jumpai dalam biji ketumbar dapat membantu memecahkan lemak dan kolesterol yang ada di dalam tubuh Anda. Sehingga kolesterol akan mudah terlarut dalam proses metabolisme tubuh. Dengan mengkonsumsi ketumbar maka Anda akan mendapat asupan HDL yang akan bermanfaat untuk kesehatan.

Kenaikan jumlah HDL dalam tubuh akan otomatis menggantikan LDL di dalam darah. Inilah yang menjadikan ketumbar sebagai obat herbal yang handal untuk mengatasi kolesterol.

4. Mengatasi Keluhan Pencernaan

Linalool dan minyak essensial borneol yang terkandung pada ketumbar bekerja dengan baik pada fungsi pencernaan. Senyawa ini mengatasi mual, kembung dan dapat memaksimalkan kinerja enzim dalam pencernaan. Mendorong sistem pembuangan feses untuk lebih optimal. Ketumbar sangat efektif mengobati diare karena adanya anti bakteri dan anti jamur yang terkandung di dalam biji ketumbar.

5. Mengatasi Panas Dalam

Manfaat ketumbar untuk kesehatan sangat banyak, salah satunya adalah untuk mengatasi panas dalam. Adanya senyawa citrolenol pada ketumbar efektik mengatasi infeksi pada mulut dan tenggorokan Anda. Kandungan vitamin K membantu tubuh dalam mengatas sejumlah iritasi yang terjadi pada mulut dan tenggorokan. Dimana iritasi tersebut dapat memacu terjadinya panas dalam. Konsumsi ketumbar secara teratur dapat mencegah sariawan.

6. Anti Diabetes

Salah satu manfaat ketumbar untuk kesehatan adalah sebagai anti diabetes. Ketumbar mampu menjaga kestabilan pada sistem endoktrin dan hormon tubuh. Akibatnya berpengaruh positif terhadap produksi insulin. Aktivitas pada kelenjar di dalam pankreas akan menghasilkan insulin sesuai dengan kebutuhan dan dapat membantu menetralkan kadar glukosa di dalam darah. Selain itu dapat membantu mengatasi hiperglikemia secara efektif. Satu lagi manfaat ketumbar untuk kesehatan bagi Anda adalah sebagai anti diabetes.

7. Meredakan Nyeri Haid

Kandungan senyawa pada ketumbar akan menstimulasi sistem endoktrin secara teratur. Sehingga akan menciptakan kondisi menstruasi yang rutin dengan kondisi hormonal yang stabil. Maka dapat membantu mengatasi nyeri pada jangka waktu yang panjang. Ini adalah salah satu manfaat ketumbar untuk kesehatan bagi Anda para wanita.

8. Menjaga Kondisi Mata

Vitamin A yang terkandung pada ketumbar relatif tinggi. Ditambah dengan perpaduan kadar vitamin C dan sejumlah anti oksidan yang sudah terbukti memberi manfaat positif bagi kesehatan mata. Dapat juga memperbaiki penurunan dari fungsi penglihatan, meredakan peradangan pada mata dan mampu mengatasi keluhan pada sistem retina mata. Hal tersebut merupakan manfaat ketumbar untuk kesehatan mata Anda.

Sangat banyak manfaat ketumbar untuk kesehatan Anda. Dimana ternyata ketumbar memberi peran yang sangat besar untuk Anda. Sejatinya menambahkan sedikit ketumbar pada santapan Anda maka akan memberi sejuta manfaat bagi kesehatan untuk jangka yang sangat panjang.

Bagikan informasi tentang Mengetahui Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan kepada teman atau kerabat Anda.

Mengetahui Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan | Pengobatan Herbal Sehati

Belum ada komentar untuk Mengetahui Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Sidebar Kanan